Embung Nglanggeran Yogyakarta

- Kamis, Februari 23, 2017

Embung Nglanggeran Yogyakarta

 
Embung Nglanggeran adalah tempat wisata baru yng terdapat atau terletak di Yogyakarta tepatnya di daerah Gunung Kidul di Dusun Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Embung Nglanggeran sendiri diresmikan langsung oleh Sri Sultah Hamengku Buwono X pada tanggal 19 Februari 2013. Tiket masuk tempat wisata Embung Nglanggeran cukup membayar retribusi sebesar Rp 3.000 per Orang. Embung Nglanggeran ini dulunya adalah sebuah bukit yng bernama Gunung Gandu.
Embung Nglanggeran ataupun Gunung Gandu ini lantas dipotong serta dikeruk bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan telaga tadah hujan yng mampu mengairi kebun buah yng ada di sekitarnya, dikarenakan bebrapa daerah di Gunng Kidung merupakan daerah yng sulit air. Air di Embung Nglanggeran berasal dari air tadah hujan serta air dari Sumber Sumurup yng terdapat atau terletak di Gunung Nglanggeran. Lantaran berasal dari bukit yng dipotong, maka Embung Nglanggeran adalah telaga yng berada di puncak bukit. Embung merupakan istilah yng biasa dipakai oleh orang sekitar Jogja serta Jawa Tengah bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyebut telaga buatan yng fungsi utamanya merupakan menjdai sarana pengairan bagi atau bisa juga dikatakan untuk masyarakat di sekeliling.
Tempat Wisata Embung Nglanggeran masyarakat tak diperbolehkan memancing, mandi ataupun menaiki sampan. Walau demikian wisatawan tetap bisa menikmati keindahan Embung Nglanggeran ini di sore hari ataupun pagi hari. Saaat matahari terbit serta tenggelam adalah era yng dinanti tidak sedikit orang era benkunjung ke Embng Nglanggeran, oleh karena itu tempat ini disebut-sebut menjdai satu dari sekian banyaknya tempat paling baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyaksikan matahari terbit serta matahari tenggelam. Tidak cuma itu Embung Nglanggeran uga menyuguhkan keindahan alam yng mempesona yang dengannya hampangan air danau yng bening di depan mata di padukan pengan hamparan perbukitan yng hijau di sekeliling danau yng indah.
Perjalanan menuju Embung Nglanggeran cukup memacu adrenain dikarenakan ketinggian tempat ini yng tida gampang dicapai. Perjalanan yng lancar menuju daerah ini, akan tetapi era naik ke Embung pelewati perkampungan yng menanjak pula jalan yng belum di aspal menjadikan tak setiap orang gampang hingga ke atas. Perjalanan ke Embung Nglanggeran dari pusat Kota Yogyakarta bisa ditempuh selama 1,5 jam.


Source Article and Picture : www.kulinerwisata.com

Seputar Embung Nglanggeran Yogyakarta

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Embung Nglanggeran Yogyakarta