30 Kuliner Pilihan dari 30 Provinsi di Indonesia (2)

- Kamis, Oktober 19, 2017

30 Kuliner Pilihan dari 30 Provinsi di Indonesia (2)

 
Sesudah menjelajah masakan di pulau Sumatera serta Kalimantan, saatnya kita menengok masakan pilihan dari banyumurti.net dari Pulau Sulawesi, Maluku, Papua serta Nusa Tenggara.

14. Sulawesi Utara

Ada yng bilang kalau ke Manado jangan tidak ingat 3B: Boulevard (jalan di sepanjang pantai), Bunaken (yng terkenal yang dengannya taman lautnya) serta Bubur. Ya Bubur Manado atau juga Bubur Tinutuan memanglah adalah satu dari sekian banyaknya ikon masakan dari Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara ini. Serta pilihan banyumurti.net pula jatuh di Bubur Tinutuan ini. Berbeda yang dengannya bubur beras di kota lain-lainnya, bubur Tinutuan tampak jauh lebih sehat yang dengannya aneka sayuran di dalamnya, sebut saja singkong, bayam, kangkung, jagung, labu kuning serta pula daun kemangi. Hmmmm...

15. Gorontalo

Saya pernah dijamu oleh ibu Gubernur Gorontalo di rumah dinasnya, beragam masakan khas provinsi baru ini disajikan serta semuanya sanggup memanjakan indera pengecap kita. Namun di sayangkan susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk menemukan sajian masakan yang telah di sebutkan di tempat umum, ataupun mungkin sayanya yng tak pernah sempet bagi atau bisa juga dikatakan untuk benar-benar berburu masakan khas provinsi ini. Namun ada satu Masakan Gorontalo yng hampir tak pernah saya lewatkan andai berkunjung ke sini, nama makanannya merupakan Binde Biluhuta ataupun dikenal pula yang dengannya Milu Siram. Milu sendiri pengertiannya jagung, jadi makanan ini semisal sayur sop yang dengannya bahan utama pipilan jagung manis. Yng membedakan yang dengannya sop biasa merupakan adanya parutan kelapa dalam kuahnya serta daging ikan cakalang yng memberikan cita rasa yng khas bagi sajian yng satu ini.

16. Sulawesi Tengah

Dua kali saya pernah sempet berkunjung ke kota Palu, ibukota provinsi Sulawesi Tengah. Serta dari dua kunjungan yang telah di sebutkan ada satu masakan yng tidak pernah terlewatkan, sekalian jadi masakan pilihan banyumurti.net, yakni Kaledo. Bentuknya mirip yang dengannya sup kaki sapi biasa lengkap yang dengannya tulangnya, yng beda merupakan cita rasa asam yng segar yng menyeruak di kuahnya ditimpali gigitan rasa pedas dari cabe rawit kering. Umumnya disantap bersama singkong rebus, bukan nasi.

17. Sulawesi Selatan

Nah di provinsi ini, khususnya di Makassar, ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan, terus terang saya kesulitan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menentukan masakan apa yng Perlu jadi pilihan banyumurti.net. Coto, Konro, Palubasa, pisang ijo, saraba, sop saudara hanyalah sebagian kecil dari kekayaan masakan di provinsi ini. Sesudah perdebatan yng alot dari titik-titik syaraf di lidah, akhirnya Pallumara jadi pilihan banyumurti.net. Alasannya merupakan saya penggemar berat kepala ikan serta sajian kepala ikan yng satu ini memanglah berbeda. Saya menikmati Pallumara ini di Pallumara Mappanyukki yng berlokasi di dalam jalan kecil, namun itu tak menyurutkan para pelanggannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi kedai sederhananya. Kepala Ikan Kakap yang dengannya bumbu kuning yng bercita rasa asam segar ini benar-benar memanjakan indera pengecapku.

18. Sulawesi Tenggara

Pada kedatangan saya ke Kendari, ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara, saya gagal menemukan masakan khas dari kota ini kecuali kacang mede yng memanglah terkenal menjdai buah tangan dari provinsi ini. Namun menyeberang ke kota BauBau saya bahkan pernah sempet cicipi berapa masakan dari kepulauan Buton ini, semisal bubur Kapusunosu bubur gurih yng terbuat dari jagung yang dengannya santan, umumnya disantap yang dengannya yang dengannya ikanedole, daging ikan yang ditumbuk serta dibentuk segitiga. Namun pilihan banyumurti.net jatuh pada sebuah kudapan simpel, Kambewe. Terbuat dari jagung yng digiling bersama gula merah, santap disaat Anget sambil menikmati indahnya air terjun Tirta Rimba, tempat dimana kambewe ini dijajakan.

19. Maluku Utara

Maluku Utara tak cuma terkenal yang dengannya keindahan alamnya, namun pula "keindahan" kulinernya yng menarik hati. Cobalah main ke Pasar Bahari Memberikan kesan kota Ternate, sebuah pasar tradisional yng menyediakan aneka bahan dasar masakan khas yng cuma bisa ditemui di sini. Mau tinggal langsung makan? Berjalanlah ke belakang pasar ini, berjejer kedai-kedai yng menyediakan aneka masakan khas provinsi ini. Serta yng paling memberikan kesan buat banyumurti.net merupakan suguhan Gohu Ikan Cakalang. Potongan daging ikan cakalang yng dicampur yang dengannya segarnya lemon cui, pedasnya cabe rawit serta harumnya daun kemangi, serta tanpa dimasak lagi kita langsung bisa menyantap sajian ini. Dinikmati menjdai lauk dari papeda maupun singkong rebus.

20. Maluku

Ada sebuah resto ternama di kota Ambon, ibu kota provinsi Maluku, namanya Ratu Gurih. Di sini kita mampu nikmati ikan yang dengannya beragam olahan. Serta favorit dari banyumurti.net merupakan Ikan Bakar Bumbu Colo-Colo, bahan dasarnya merupakan ikan lalosi yng disajikan bersama sambal colo-colo yang dengannya cita rasa asam yng kuat. Dahsyat...

21. Papua

Pertama kali saya menginjakkan kaki ke pulau Papua bukanlah ke Jayapura, ibukota provinsi ini, namun ke kota kecil di lembah Baliem, Wamena. Di sanalah banyumurti.net menikmati sajian kuiner yng unik Udang Selingkuh. Unik, lantaran udah yng hidup perairan sungai Baliem ini mempunyai tubuh yng berbeda yang dengannya udang lain-lainnya yng biasa kita santap. Badannya besar semisal udang galah namun punya capit yng kuat laksana kepiting. Aroma segar yang dengannya semburat rasa manis muncul dari dagingnya yng masih segar. Konon udang ini masih hasil tangkapan dari penduduk lokal, serta belum dibudidayakan menjadikan belum tentu setiap era kita mampu menikmatinya disaat berkunjung ke Wamena.

22. Nusa Tenggara Timur (NTT)

Pernah sempet dua kali berkunjung ke kota Kupang, ibu kota NTT, serta sekali menyebrang ke Pulau Rote, pulau yng paling selatan dari negara Indonesia. Di sayangkan lantaran waktu dibatasi, tak pernah sempet mengeksplor masakan di dua kota ini. Namun sebelum pulang, masih pernah sempet mengunjungi Kedai Ibu Soekiran di Kupang yng menjual beragam oleh-oleh khas NTT, serta ada satu yng memikat banyumurti.net yakni Sei Sapi. Sei merupakan daging yng diasap yang dengannya olahan khas NTT, biasaya mempergunakan daging babi, namun di kedai ibu Soekiran ini mempergunakan daging sapi yng dijamin kehalalannya. Dibekukan serta dikemas dalam kemasan hampa udara memungkinkan sei sapi ini kita bawa pulang meski tanpa pengawet. Di rumah, Sei Sapi ini mampu kita goreng ataupun paling enak mampu kita bikin oseng. Penasaran?

23. Nusa Tenggara Barat (NTB)

Ayam Taliwang serta Plecing Kangkung adalah dua ikon masakan dari Mataram-Lombok yng tak pernah terlewatkan. Beberapa tempat makan masakan ini telah pernah sempet saya sambangi semisal Taliwang Irama, Dua-Em serta Taliwang Raya. Namun bahkan ada kedai kecil yng jadi favorit banyumurti.net, Taliwang Khas Pak Udin. Rasa ayam taliwang bakar yang dengannya yng pedas yang dengannya semburat rasa manisnya begitu menarik hati, apalagi ditemani yang dengannya terong bakar pedas yng pula jadi favorit di tempat ini.
Yuk tengokin Masakan pilihan dari provinsi lain-lainnya:
Bagian 1 - Masakan pilihan dari Sumatera serta Kalimantan
Bagian 3 - Masakan pilihan dari Jawa serta Bali

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar 30 Kuliner Pilihan dari 30 Provinsi di Indonesia (2)

Advertisement
Ini Pos Baru Sebelumnya
 

Cari Artikel Selain 30 Kuliner Pilihan dari 30 Provinsi di Indonesia (2)