Kuliner Makassar - Menyeruput Hangatnya Sarabba

- Minggu, Mei 14, 2017

Kuliner Makassar - Menyeruput Hangatnya Sarabba

 

Wisata Masakan Indonesia #348
Masakan Makassar
Kedai SARABBA
Jl. Sungai Cerekang - Makassar
Rasanya tak lengkap andai mengunjungi Makassar tak merasakan Sarabba. Ya, Sarabba merupakan minuman khas dari ibu kota Sulawesi Selatan yng tidak sedikit dijajakan di banyak sekali sudut kota ini. Namun ada satu ruas jalan yng berjejer kedai-kedai yang dengannya Saraba menjdai sajian utamanya, namanya Jl. Sungai Cerekang. Sehabis menyantap Ayam Goreng Sulawesi, malam itu saya habiskan di salah kedai di Jl. Sungai Cerekang ini. Satu gelas Saraba langsung saya pesan, minuman yng memberikan kehangatan bagi siapa yng meneguknya. Tak heran, lantaran Saraba sendiri berbahan utama jahe serta gula aren, mirip semisal minuman Bandrek kalau di Jawa Barat. Namun yng membedakannya merupakan Saraba mempergunakan santan, di samping pelbagai rempah-rempah semisal pala serta kayu manis. Aroma wangi yng menarik hati langsung menyergap hidung begitu Saraba hadir di depan kita. Tegukan pertama langsung mengalir ke kerongkongan yng menghadirkan sensasi Anget yng beda, manisnya gula merah memanglah berpadu indah yang dengannya gurihnya santan serta hangatnya jahe, dan ditimpali tidak banyak wangi dari kayu manis. Oh ya, kita pula diberi opsi apakah akan mempergunakan telur bagi atau bisa juga dikatakan untuk saraba kita, tenang, telur yang telah di sebutkan akan dikocok benar sebelum diguyur yang dengannya panasnya air dari sarabba, menjadikan disaat kita meminumnya tak terasa percis sekali bau amis yng umumnya muncul pada telur mentah. Sebagi minuman yng dipercaya pula menjdai penambah stamina tubuh, maka opsi penambahan telur yang telah di sebutkan layak bagi atau bisa juga dikatakan untuk dicoba.
Andai menikmati Sarabba di sekeliling Pantai Losari, maka temannya merupakan Pisang Epe. Namun, di Cerekang ini, sahabat bagi atau bisa juga dikatakan untuk minum saraba merupakan aneka gorengan yng disajikan bersama sambal. Berbeda yang dengannya di pulau Jawa, di kota-kota di Pulau Sulawesi sambal memanglah menjadi kawan bagi aneka gorengan, lebih-lebih pisang goreng. Mungkin ada yng bertanya, apa rasanya makan pisang goreng dicocol sambel? Saya pertama kali mencobanya di Manado, serta sebenarnya ketagihan hingga saat ini. Rasa pisang yng manis-manis sepet gitu sebenarnya mampu berpadu yang dengannya sambal. Serta satu per satu gorengan mulai beralih tempat, dari atas piring ke dalam rongga perut kita masing-masing.
Saya hitung ada sekitar 5 kedai simpel ataupun lebih yng menjajakan Saraba di ruas jalan Sungai Cerekang ini. Serta menariknya, hampir semuanya terisi penuh oleh pelanggan yng datang. Ya, meski "bersaing", tampaknya tak menjadi masalah bagi kedai-kedai ini. Kursi-kursi plastik yng disediakan kedai-kedai yang telah di sebutkan sebagian besar terisi oleh para penikmat Saraba. Era ini Sarabba telah tidak sedikit tersedia di banyak sekali kota di pulau Sulawesi, malah saat ini telah ada kemasan sachet bagi yng ingin menikmati Saraba Instant. Meski tak seenak Saraba asli, Saraba instan ini boleh lah bagi atau bisa juga dikatakan untuk melepas rasa kangen daripada Perlu jauh-jauh balik ke Makassar :) Andai kamu merupakan orang yng berniat berkunjung ke Makassar, masukkan Saraba ini menjdai satu dari sekian banyaknya destinasi wisata masakan di Makassar.
Peta / Alamat Lokasi Saraba - Cerekang:

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner Makassar - Menyeruput Hangatnya Sarabba

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner Makassar - Menyeruput Hangatnya Sarabba