Kuliner 112 - Pondok Pengkang, Pontianak

- Jumat, Maret 31, 2017

Kuliner 112 - Pondok Pengkang, Pontianak

 
Pondok Pengkang
Jl. Raya Peniti, Kecamatan Siantan
Kab. Pontianak - Kalimantan Barat
Telp.: 0561 - 7093700
PENGKANG, masakan khas dari Kalimantan Barat yng mirip semisal lemper, terbuat dari beras ketan dibentuk segitiga serta dibungkus daun pisang. Didalamnya ada ebi yng membuat aroma makanan ini menjadi lebih "merangsang". Tatacara memasaknya cukup unik, dua buah pengkang dijepit mempergunakan kayu, lantas dibakar di atas bara api. Rasa gurihnya membuat kita susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk berhenti membuka lembar demi lembar daun pisang pelapis pengkang ini. Makanan ini mampu didapat di Pondok Pengkang, sekitar 30km dari Kota Pontianak, cuma sekitar 100m dari Pondok Grafitasi. Saya mampir ke tempat makan ini dalam perjalanan pulang saya dari Singkawang, mengulangi perjalanan saya 3 tahun lalu.
Paling pas pengkang ini dicocol yang dengannya Sambal Kepah, sambal yang dengannya bahan utama sejenis kerang yng tidak sedikit hidup dihutan mangrove dekat pantai. Pedes n manisnya passsssssssss. Paduan gurihnya ketan pengkang yang dengannya legitnya pedas sambal kepah menjadikan makanan ini wajib hukumnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk dicoba oleh anda-anda yng akan ataupun tengah berkunjung di Pontianak.
Selain menu utama yang telah di sebutkan kita pula bisa menikmati aneka hidangan sea food. Satu dari sekian banyaknya pilihan kita merupakan Kepiting Lada Hitam. Daging kepiting yng dahsyat dipadu yang dengannya bumbu lada hitam yng, pendapat dari saya, disini top banget. Rasa manis yng tersentuh yang dengannya rasa pedas dari Lada Hitam paduannya bisa memanjakan indera pengecap kita.
Tim Ikan Senangin, ikan yng lembut serta tebal dagingnya ini ditim yang dengannya bumbu jahe serta bawang putih yng kuat menjadikannya enak serta sehat luar dalam. Durinya yng mampu diabaikan membuat kenikmatan kita tak terganggu disaat membongkar ikan ini. Selurupppp...
Buat sayurnya, kita pilih Cah Kailan, enak banget namun sayang sayurannya cuma tidak banyak. Cuma menjadi "alas" piring yng lantas dibanjur dengah kuah cah yng berisi daging sapi, jamur hitam, bawang bombay serta taburan bawang goreng.
Es Lidah Buaya, adalah makanan penutup paling pas. Lidah buaya sendiri memanglah tidak sedikit diolah menjadi makanan di kota khatulistiwa ini, salah satunya menjdai minuman yng segar. Di sayangkan di Pondok Pengkang ini, minuman lidah buaya ini dipadu yang dengannya sirup melon yng pendapat dari saya sih rasanya tidak lebih cocok. Coba pake sirup vanilli ataupun sirup jeruk nipis pasti semakin edun rasa segarnya.
Yuk ah, nulis coretan dari Pondok pengkang ini bikin air liur tidak henti berproduksi. Buat yng ke Pontianak sempetin deh mampir kesini, apalagi kalo yng mau ke Singkawang, itu sih wajib musti kudu nyicipin pengkang. Kalo mau dibuat oleh-oleh pula mampu koq, petugas akan yang dengannya senang hati mengepaknya bagi atau bisa juga dikatakan untuk kita bawa pulang. Kuat hingga 2 hari, kalo gak abis mampu masuk kulkas bagi atau bisa juga dikatakan untuk lantas dihangatkan kembali. Kapan ya mampu kesana lagi???

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner 112 - Pondok Pengkang, Pontianak

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner 112 - Pondok Pengkang, Pontianak