Lima Titik Pusat Kuliner Bogor

- Senin, Februari 06, 2017

Lima Titik Pusat Kuliner Bogor

 
Aneka Sajian di Pusat-Pusat Masakan Bogor

Wisata Masakan Indonesia #350
Bogor telah terkenal menjadi kota yng menjadi destinasi wisata masakan, beragam jenis makanan baik tradisional ataupun modern tidak sedikit dijajakan di aneka macam sudut kota ini. Coba saja lihat Peta Masakan Bogor ini. Namun ada lima titik yng Perlu dikunjungi kalau memanglah mau berwisata masakan di Bogor lantaran di titik-titik ini dia beragam Masakan Bogor tersaji. Dimanakah lokasi titik-titik yang telah di sebutkan?
Antrian Pengunjung di Soto Bogor Pak Salam


1. Jalan Suryakencana

Ruas jalan Suryakencana telah terkenal sejak jaman dahulu menjdai pusat masakan kota Bogor. Membentang sepanjang tidak lebih lebih 1 km dari Pasar Bogor hingga Perempatan Gang Aut/Jl Roda, beberapa masakan khas kota hujan hadir di sini. Sebut saja Laksa Bogor yng ada di daerah Ranggagading (depan Sekolah Kesatuan) serta di Gg. Aut. Ataupun Toge Goreng yng ada di depan Toko Grand serta Toge Goreng Ma Evon di Gg Besi (jalan samping Bank CIMB Niaga). Nasi Goreng Guan Tjo, yng terkenal yang dengannya nasi goreng petenya, serta Sate Sumsum Pak Oo berada pada satu kedai yng percis di rumah nomor 193. Ataupun langsung saja meluncur di ujung Jl Suryakencana ini, perempatan Gg Aut, dimana kita mampu menemukan aneka masakan yng terpusat, sebut saja Soto Kuning Pak Yusup, Bakso Bening, Cungkring, Asinan Jagung Pak Sabur, Dodongkal, Wedang Ronde Gg Aut, Aneka Pepes, Lumpia Basah, Bir Kocok serta sebagainya. Tunggu sampai-sampai pukul 4 sore, bagi atau bisa juga dikatakan untuk mampu menikmati sajian Soto Pak Salam yng mempunyai keunggulan rasa dibanding penjaja soto kuning lain-lainnya. Tidak heran, antrian panjang para pelanggan selalu tampak di depan tenda kecilnya, serta tak hingga jam 7 sajian yng dijajakan telah ludes. Yng suka Asinan Bogor, coba asinan yng masih otentik di Jl. Roda
Oh ya, di beberapa tempat makan di Jl. Suryakencana ini pula hadir makanan non halal, semisal Laksa Pengantin, Soto Mie Pak Agih, Ngo Hiang serta sebagainya.
Kedai Sop Duren Lodaya yng ada di Jl Bangbarung

2. Jalan Bangbarung (Jl. Achmad Sobana)

Kalau yng ini baru beberapa tahun belakangan ini menjadi pusat masakan. Jl. Ahmad Sobana (yng dulu bernama Jl Bangbarung) yng membentang dari Barat ke Timur sepanjang 3 km ini "memuat" puluhan bisnis masakan. Sebut saja Soto Santan Bang Ali (yng dulu berjualan di Jl Pemuda) saat ini membuka kiosnya di satu dari sekian banyaknya kedai di ujung dekat pertigaan yang dengannya Jl. Pajajaran. Tak jauh dari situ ada pula satu dari sekian banyaknya ikon masakan Bogor, Sop Buntut Ibu Imas. Bakso Seuseupan serta Bakso Boboho adalah bakso yng telah "merajai" ruas jalanan ini sejak lama, mampu disebut menjdai pelopor pusat masakan bogor di jalan ini. Yng pula menjadi satu dari sekian banyaknya pelopor masakan di Jl Bangbarung ini merupakan Ayam Geprek Istimewa, resto yng menyajikan menu utama ayam kampung yang dengannya aneka olahan, era ini ada dua telah resto Ayam Geprek Istimewa di ruas jalan ini. Buat yng cari seger-seger ada Sop Duren Lodaya yng baru berdiri sekitar tahun 2013 namun langsung nge-hitz banget, ada pula Es Sekoteng cabang Boper serta Pak Ewok Express, satu dari sekian banyaknya diversifikasi dari Sop Buah Pake Ewok yng telah hadir sebelumnya di Jl. Bukit Tunggal. Pula D&D Durian Pancake yng menyajikan durian yang dengannya tips yng berbeda. Di tahun 2014 ini hadir Abuba Steak, resto steak asal Jakarta, serta Nasi Goreng Mafia, cabang Bandung. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk ngopi-ngopi hadir Imah Nini serta Rumah Kopi Ranin yng menghadirkan aneka kopi dari pelbagai daerah di Nusantara. Serta yng paling baru bakal hadir cabang Bakso Sony, bakso yng paling kondang di Bandar Lampung. Di ujung timur jalan bangbarung yng bertemu yang dengannya Jl Pandu, kita mampu menikmati masakan Sunda yng ciamik di RM Manjabal, resto cabang Bandung yng terkenal yang dengannya Gurame Bakarnya. Andai mencari menu sarapan ada Ketupat Sayur Dayan serta Nasi Kemangi yng rasanya boleh dipoedjiken. Belok tidak banyak ke Jl Palayu ada Baso Gulung Bragi yng menyajikan bakso yng unik, digulung yang dengannya kembang tahu. Pula ada mrsgitta cupcake di Jl Artzimar I yng terkenal yang dengannya Devil's Food serta Mini Cupcake -nya.
Ayam Goreng Aroma yng berada di tempat Taman Kencana

3. Taman Kencana

Taman Kencana merupakan satu dari sekian banyaknya taman di pusat kota Bogor yng menjadi pusat aktivitas masyarakat di Kota Bogor, khususnya anak muda. Tak heran, di tempat ini pula hadir beragam masakan kota Bogor yng butuh "mendapatkan perhatian". Di sisi Jl Salak kita mampu menemukan Macaroni Panggang, satu dari sekian banyaknya ikon masakan sekalian oleh-oleh yng tidak sedikit diburu di kota ini. Di Jl Ciremai Ujung hadir Waroeng Taman, resto anak muda yng menyajikan beragam makanan. Sejajar yang dengannya Waroeng Taman ada Sate H. Ismail, sate kambing serta sate ayamnya layak diacungi jempol. Pula hadir Ayam Aroma, cabang dari Jl. Pahlawan, yng terkenal yang dengannya ayam gorengnya. Bergeser tidak banyak ke Jl. Pangrango ada Kedai Kita yng terkenal yang dengannya Pizza Kayu Bakar serta Mie Hotplate nya, dan Rumah Apel yng kondang yang dengannya Pia Apple Pie. Serta kalo melangkah tidak banyak ke Jl. Bukit Tunggul kita mampu menemukan Saung Sop Buah Pak Ewok, yng menghadirkan sop buah cabang dari Bandung ditambah yang dengannya aneka menu lain-lainnya yng ciamik. Di hari minggu pagi, Taman Kencana akan berganti menjadi pasar kaget, makin ramai penjaja makanan di sini, semisal: susu murni, nasi pecel, cimol, bubur ayam, kupat sayur serta sebagainya.
Sop Buntut Mang Endang di tempat Air Mancur

4. Air Mancur

Daerah Air Mancur ini berada di ujung Jl. Sudirman. Dahulu memanglah ada Air Mancur di sini yng saat ini telah tak berfungsi lagi. Tempat ini menjadi pusat masakan bogor di malam hari, Bubur Ayam Barokah, Bandrek Susu serta Gorengan, Sate, Jajanan Pasar, Sate Padang dan Angkringan adalah sebagian masakan yng mampu kita pilih. Sementara di siang hari, paling tak ada dua ikon masakan yng Perlu dicoba di tempat Air Mancur ini: Martabak Air Mancur serta Sop Buntut Mang Endang.
Toge Goreng Ibu Omah yng berada di samping Toko Roti Bogor Permai

5. Jalan Sawojajar (samping Toko Roti Bogor Permai)

Kalau tempat Air Mancur ramainya di malam hari, maka pusat masakan di Jl Sawojajar ini lebih ramai di pagi serta siang hari. Toge Goreng Ibu Omah yng berlokasi percis di sebelah Toko Roti Bogor Permai adalah satu dari sekian banyaknya peracik paling baik masakan khas Bogor ini. Lantas Es Sekoteng Boper serta Siomaynya yng aduhai pula menjadi magnet utama di tempat ini. Tak cuma itu saja tapinya, kita pula mampu menikmati aneka jenis makanan lain-lainnya yng dijajakan lewat gerobak-gerobak, ada soto mie, soto kuning, pempek, kupat tahu serta sebaginya. Di malam hari ada Mie serta Es Bangka AL yng kedainya nyaris tak pernah sepi.
Masih tidak sedikit tentunya titik masakan di Kota Bogor yng menarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikunjungi semisal Jl. Veteran (Jembatan Merah), Jl. Pengadilan, Gg Selot, Daerah Empang, Jl Sukasari, Jl Pandu serta sebagainya. Mampu pula dilihat di Peta Masakan Bogor ini. Namun lima titik di atas cukup tidak sedikit menyajikan keragaman masakan Bogor dalam satu tempat. Yng butuh menjadi catatan merupakan, andai Kamu berniat melakukan perjalanan Wisata Masakan di Bogor tentunya waktu satu hari taklah akan cukup serta jangan tidak ingat: Kosongkanlah perut!

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Lima Titik Pusat Kuliner Bogor

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Lima Titik Pusat Kuliner Bogor