Kuliner 65 - Gangan Kepala Ikan, Belitung

- Selasa, Februari 21, 2017

Kuliner 65 - Gangan Kepala Ikan, Belitung

 
RM. Pandan Laut
Jl. Pattimura No. 22 Air Saga
Tanjung Pandan, Belitung
Tepat pada tanggal hoki, 8/8/08, saya terbang menuju Belitung bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi undangan dari Dinas Pariwisata Kab Belitung. Mendarat di Bandar Udara HAS Hanandjoedin sekitar pukul 16.00 WIB (terlambat 1 jam dari jadwal) saya langsung disambut yang dengannya cuaca mendung di pulau yng konon menyajikan wisata pantai yang dengannya keindahan yng luar biasa. Sesudah beristirahat sejenak serta membersihkan diri di tempat saya menginap, Hotel Pondok Impian, saya dijemput bagi atau bisa juga dikatakan untuk melihat kota Tanjung Pandan serta makan malam. Hujan deras menyertai perjalanan saya malam ini. Rumah makan di kota ini tidak sedikit dikelola oleh warga keturunan Cina serta uniknya, lantaran hari ini tanggal "cantik", maka tidak sedikit rumah makan yang telah di sebutkan yng tutup :( Akhirnya kita "mendarat" di rumah makan yng terdapat atau terletak persis di seberang tempat saya menginap, RM Pandan Laut.
Gangan Kepala Ikan, langsung menjadi pesanan saya lantaran didasari berita dari om Google, makanan ini wajib bagi atau bisa juga dikatakan untuk dicari selama kamu di Belitung. Gangan sendiri merupakan sejenis sayur berwarna kuning (lantaran mempergunakan kunyit menjdai bumbu utama), yang dengannya rasa asam serta pedas. Rasa asamnya sendiri berasal dari nanas muda yng potongannya bisa kita temukan di dalam sayur ini. Menjdai bahan dasarnya dipakai Kepala Ikan Ketarap, daging ikannya mantap. namun yng lebih luar biasa merupakan kulit bagian kepalanya, tebal serta kenyal, mirip yang dengannya kikil/tunjang yng Suka kita jumpai di rumah makan padang, namun lebih lunak. Pokoknya mantabbbb... Perlu mesti kudu dicoba.... Harga: Rp. 20.000/porsi
Ekor Ikan Tenggiri Bakar, tadinya saya gundah, ekor ikan dibakar apa enaknya & dagingnya pasti tidak banyak? Pertanyaan itu langsung terjawab disaat di meja tersaji ekor ikan tenggiri yng cukup "besar" bagi atau bisa juga dikatakan untuk makan 3 orang... Dibakar standar, disajikan yang dengannya sambal kecap serta sambal terasi khas belitung yng begitu kentara rasa terasinya. Dagingnya gurih serta benar-benar tebal, meski nasi di piring telah habis, tangan saya tak mampu menahan diri bagi atau bisa juga dikatakan untuk terus mengambil daging ekor ikan tenggiri ini serta mencocolnya yang dengannya sambal, hingga perut saya teriak "CUKUP...." Harga Rp. 55.000/kg
Special Pandan Laut Juice, sebetulnya saya telah memesan es jeruk, namun masih penasaran yang dengannya satu minuman yng cukup provakatif, yng tertera nomor satu di daftar menu minuman. Bagaimana tak provokatif, cermati campurannya: nanas, tomat, wortel, pepaya, jeruk nipis, madu pahit serta telur ayam kampung!!! Minuman warna kuning kental tersaji di meja saya, seruput.... Rasa yng lebih banyak didominasi dari campuran itu hanyalah madu serta telur, jadi kaya minum kuning telur serta madu namun segelas besar :) Sesuai campurannya, rasanya pula memanglah provokatif... Harga Rp. 12.500/gelas
Sayang seribu sayang, jadwal saya di pulau indah ini sangatlah singkat. Tak ada objek wisata yng pernah sempet saya kunjungi selain Pantai Tanjung Pendam yng terdapat atau terletak di tengah kota. Wisata masakan pun cukup di satu tempat saja, padahal masih ada mie belitung yng penasaran ingin saya coba. Akhirnya saya cuma mampu menikmati keindahan Pantai Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang serta Tanjung Binga dari www.belitungisland.com. Kapan ya, mampu menikmati keindahan pulaunya "Laskar Pelangi" ini? Semoga dapet undangan lagi ke sini lagi deh...

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar Kuliner 65 - Gangan Kepala Ikan, Belitung

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kuliner 65 - Gangan Kepala Ikan, Belitung