7 Oleh-Oleh Kuliner Khas Bandung

- Kamis, Januari 26, 2017

7 Oleh-Oleh Kuliner Khas Bandung

 
Wisata Masakan Indonesia #290
Masakan Bandung
Oleh-Oleh Khas Bandung
Bandung telah identik menjdai kota yang dengannya wisata belanja serta wisata masakan yng menjadi magnet bagi para wisatawan baik lokal ataupun mancanegara. Khususnya di akhir pekan, jalanan di kota Bandung menjadi lebih padat dibanding di hari-hari biasa, lantaran bertambahnya volume kendaraan lebih-lebih yng datang dari Jakarta. Hal ini dia yng membuat usaha masakan di Bandung makin berkembang, tidak terkecuali bagi atau bisa juga dikatakan untuk oleh-olehnya. Setiap waktu selalu saja bermunculan oleh-oleh baru yng mampu di beli di Kota Kembang ini, namun tidak sedikit pula jenis oleh-oleh yng telah lama kondang serta selalu menjadi favorit para pelancong di kota ini. Apa saja itu, kita lihat 7 Oleh-Oleh Masakan Khas Bandung:
1. Peuyeum
sumber gambar: http://www.mybdg.com/peuyeum-bandung-enak-dan-lezat-euy/1087/
Siapa yng gak kenal jajanan yng satu ini. Rasa asam serta manis yng khas dari peuyeum memanglah mampu membuat orang kesengsem. Terbuat dari singkong yng difermentasi, peuyeum telah menjadi satu dari sekian banyaknya ikon masakan kota Bandung sejak jaman "baheula". Serta era ini peuyeum telah diolah menjadi beragam makanan lain-lainnya, sebut saja: molen peuyeum, colenak, cake peuyeum, bagian dari es campur serta sebagainya. Kita akan gampang menemukan penjaja peuyeum ini, di pasar-pasar tradisional, toko oleh-oleh, tempat wisata, terminal bus, stasiun kereta serta tidak sedikit tempat lain-lainnya.
2. Batagor
Batagor atau juga baso tahu goreng, adalah kudapan asli khas dari kota Bandung. Batagor merupakan tahu yng dibalut serta diisi yang dengannya adonan tepung serta ikan, ataupun mirip baso tahu, lantas digoreng. disajikan yang dengannya bumbu kacang yng manis serta pedas, dan potongan jeruk serta kecap bagi atau bisa juga dikatakan untuk makin memperkaya rasa. Tidak sedikit pedagang batagor di Kota Bandung, namun ada beberapa yng cukup kondang semisal Batagor Riri (Jl. Burangrang), Batagor Abuy (Jl. Lengkong Besar), Batagor Darto (Simpang Dago), Batagor Kingsley (Jl. Veteran) serta sebagainya. Namun pendapat dari beberapa goresan pena, batagor bahkan pertama kali dipopulerkan oleh H. Isan yng era ini berjualan di sekeliling Jl. Bojongloa. Andai akan membawa Batagor bagi atau bisa juga dikatakan untuk oleh-oleh, kita mampu memintanya dimasak 1/2 matang, jadi disaat hingga rumah mampu digoreng kembali bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh kelezatan yng optimal :)
3. Tahu
Tahu? Bukannya di setiap kota pula ada? Ya, namun tidak sedikit yng bilang kalo tahu Bandung itu berbeda baik dari cita rasa yng lebih gurih serta tekstur yng lebih lembut. Saya suka membawa tahu kuning mentah bagi atau bisa juga dikatakan untuk oleh-oleh yng dibeli di pasar tradisional maupun tukang tahu langganan ibu saya yng menjajakan tahunya yang dengannya mempergunakan motor. Namun paling favorit merupakan Tahu SB yng berada di Jl. Astana Anyar, ada varian tahu mongol disini yng krispi di luar namun Amat lembut di dalam. Yng pula tidak sedikit dicari merupakan Tahu Tauhid yng pusatnya ada di tempat Lembang, namun era ini tidak sedikit dijajakan di supermarket lokal serta pasar tradisional. Kelembutan tahu Tauhid emang telah terkenal, menjadikan meskipun lokasinya jauh dari pusat kota Bandung, para pelanggannya tak pernah sepi menyambangi outletnya ini.
4. Pisang Bollen - Kartika Sari
Sumber gambar: http://gosipnya.blogspot.com/2012/06/kartika-sari_14.html
Nah, kalau saya bilang, Pisang Bollen Kartika Sari merupakan satu dari sekian banyaknya pelopor oleh-oleh masakan modern di Kota Bandung. Berdiri sejak tahun 80an, Toko Kue Kartika Sari memanglah menjadikan Pisang Bollen menjadi "signature"-nya. Potongan pisang serta keju dibalut dalam adonan pastry ini memanglah memberikan cita rasa special yng digandrungi tidak sedikit wisatawan, menjadikan tak segan-segan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memborongnya menjdai buah tangan. Saat ini varian dari bollen ini pula menjadi beragam semisal Pisang Bollen Coklat, Peuyeum (Tape) Bollen, Durian Bollen, Kacang Hijau Bollen serta Apel Bollen. Di Toko Kartika Sari pula mampu menemukan aneka kudapan lain-lainnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk oleh-oleh semisal Brownies Panggang, Brownies Kukus, Cheese Stick, Cheese Roll, Lapis Legit, Lapis Malang, Banana Roll serta Bagelen Oval. Selain pusatnya yng berada di Jl. H. Akbar, tidak jauh dari Stasiun Kota Bandung, era ini Kartika Sari sudah membuka lebih dari 5 toko cabangnya yng berada di beberapa sudut kota Bandung. Silakan tengok kartikasari.com bagi atau bisa juga dikatakan untuk info alamat lengkap dari seluruh outletnya.
5. Brownies Panggang - Prima Rasa
Ini pula satu dari sekian banyaknya toko kue yng mampu disebut tak pernah sepi. Lebih-lebih di akhir pekan, kerumunan pelanggan Prima Rasa akan terlihat mengantri serta memilih aneka kue di toko utamanya yng terdapat atau terletak di Jl. Kemuning. Toko kue Prima Rasa yng mulai dibuka di tahun 1992 ini menjadikan brownies panggang menjdai andalannya. Aneka varian brownies panggang bisa didapati disini: semisal coklat, keju serta mocca. Namun disaat saya berbelanja di satu dari sekian banyaknya cabangnya di Jl. Buah Batu, satu dari sekian banyaknya dari 5 cabang Prima Rasa di Kota Bandung, tampak orang berebut membeli Picnic Roll. Ya, daging ayam ataupun sapi yng dibalut pastry ini sebenarnya telah menjadi andalan baru toko kue ini. Serta masih tidak sedikit lagi aneka cake yng cukup menarik hati selera: sebut saja cake pandan serta cake ketan hitam. Jadi, Silakan memilih...
6. Brownies Kukus Amanda
Sumber photo: https://www.facebook.com/marcomamanda
Saya selalu takjub yang dengannya cepatnya berhasil yng diraih Brownies Kukus Amanda ini. Bukan apa-apa, saya secara pribadi melihat perkembangannya lantaran lokasinya yng berada satu kompleks yang dengannya rumah orang tua saya di tempat Margahayu Raya-Bandung. Pertama kali melihat Brownies Kukus Amanda ini dijajakan di outlet kecil di tempat Metro, khususnya di minggu pagi dimana tidak sedikit warga yng menghabiskan waktu bagi atau bisa juga dikatakan untuk berolah raga maupun mencari udara segar. Tidak berapa lama, ada kios kecil di samping pasar Margahayu Raya, di Jl. Rancabolang, yng hampir setiap pagi, lebih-lebih di akhir pekan ada antrian orang hingga keluar kios. Serta sebenarnya itulah kios Brownies Kukus Amanda. Saat ini, di Jl. Rancabolang yang telah di sebutkan outlet yng megah telah berdiri di tanah yng Amat luas. Pada era belum membuka cabang, akan nampak antrian orang yng mau membeli brownies kukus ini puluhan meter hingga ke jalan! Era ini, selain di Bandung, Brownies Kukus Amanda telah membuka outlet di lebih dari 10 kota di Indonesia. Mau tahu varian produk serta lokasi outletnya? Cek saja di www.amandabrownies.co.id
7. Aneka Snack Tradisional - Pasar Kosambi
Sumber photo: http://indrakh.wordpress.com/2008/11/05/pasar-kosambi-surga-penganan-bandung/
Kalo mau belanja oleh-oleh masakan tradisional khas Bandung serta Jawa Barat, coba langkahkan kaki ke Pasar Kosambi yng berada di Jl. Ahmad Yani. Di pasar ini tidak sedikit penjaja kudapan tradisional khas Jawa Barat tersaji, sebut saja Kripik tempe, kripik oncom, dodol garut, wajit cililin, sale pisang serta sebagainya. Toko langganan saya merupakan Sindang Laris yng ada di bagian depan Pasar Kosambi. Yng tak pernah saya lewatkan merupakan berbelanja Kripik Tempe Manis serta Sale Pisang Keju. Kripik Tempe Manis ini adalah olahan tempe yng dikerat tipis-tipis, dibalut adonan tepung yng gurih serta manis, lalu digoreng kering. Sedangkan Sale Pisang Keju pula mirip, pisang yng digoreng Amat tipis, dibalut adonan tepung keju serta digoreng sampai-sampai renyah. Serta asyiknya, toko-toko yng berada di bagian depan Pasar Kosambi ini buka 24jam! Jadi gak galau kalo mau cari oleh di Kota Bandung.
Tentunya 7 (tujuh) item oleh-oleh masakan khas Bandung ini tak bisa mewakili banyaknya oleh-oleh lain-lainnya yng ada di ibu kota Jawa Barat ini. Namun paling tak, coretan ini mampu jadi pengganti rujukan buat kamu-kamu yng sedang berwisata ke kota Bandung serta mau mencari buah tangan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibawa ke rumah.
Selamat Berlibur....

Masakan lain di kota ini:




Source Article and Picture : www.banyumurti.net (Food Blogger)

Seputar 7 Oleh-Oleh Kuliner Khas Bandung

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 7 Oleh-Oleh Kuliner Khas Bandung